Artikel

DAUN SIRSAK

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak secara empiris dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat yang memiliki banyak khasiat.

Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah daun sirsak dipercaya sebagai obat kanker alami karena kandungan senyawa acetogenins. Akibat penemuan itulah, daun sirsak kini cukup populer di kalangan masyarakat. Sebenarnya, selain kanker masih ada beberapa penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan daun sirsak.

Berikut ini beberapa khasiat daun sirsak bagi kesehatan tubuh.

  1. Mengobati diabetes

  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  3. Menyembuhkan asam urat

  4. Mencegah penuaan dini

  5. Membuang racun dari dalam tubuh

  6. Manfaat daun sirsak sebagai anti kanker

  7. Mengobati eksim dan rematik

  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

  9. Mengobati eksim

  10. Mengobati bisul

  11. Melindungi kesehatan jantung

  12. Membantu menyehatkan pencernaan

  13. Meningkatkan sistem peredaran darah

  14. Menurunkan berat badan

  15. Manfaat lainnya, di antaranya seperti menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat anti-kejang, meringankan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengobati peradangan, kaki bengkak, membantu pencernaan, serta meningkatkan nafsu makan. Mengkonsumsi daun sirsak secara rutin juga dapat membantu meningkatkan stamina dan membantu mempercepat proses pemulihan dari sakit.

CaraMengkonsumsi Daun Sirsak

Daun sirsak dapat dikonsumsi sebagaimana minuman teh seduh dengan merebus daun sirsak segar maupun daun sirsak yang sudah dikeringkan. Dapat juga dengan menambah pemanis alami, seperti madu atau gula.

 

========================================================================================

Daun Insulin

Daun insulin juga sering disebut sebagai daun yakon atau Mexican sunflower. Tanaman ini memang memiliki bunga berwarna kuning yang menyerupai bunga matahari namun dengan ukuran yang tidak sebesar bunga matahari. Daun yakon atau daun insulin memiliki nama latin Smallanthus sonchifolius dan merupakan bagian dari famili Asteraceae, seperti halnya bunga matahari.

Daun insulin mengandung berbagai senyawa yang baik untuk tubuh. Terdapat kandungan fruktosa yang bermanfaat untuk mencegah kenaikan gula darah, kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan, dan kandungan senyawa lainnya yang berperan sebagai antioksidan, antimikroba, dan antidiabetik.

Manfaat Daun Insulin

Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat daun insulin yang umumnya diketahui adalah untuk mengatasi penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus, hasilnya diketahui bahwa daun insulin mampu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Daun insulin juga diketahui mengandung senyawa aloksa yang bisa merangsang produksi hormon insulin.

Hormon insulin berperan sangat penting dalam hal mengatur kadar gula dalam darah. Namun sayangnya beberapa peneliti tidak menyarankan pengobatan diabetes jangka panjang dengan daun ini karena ditakutkan akan memberikan efek negatif pada ginjal.

Sebagai antioksidan

Khasiat daun insulin yang kedua adalah mampu menjadi antioksidan bagi tubuh. Daun insulin mengandung banyak senyawa antioksidan seperti flavonoid, glikosida, saponin, tanin, alkaloid, dan masih banyak lagi. Senyawa-senyawa ini bisa mambantu melawan berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab dari berbagai gangguan tubuh, termasuk juga menjadi salah satu penyebab kanker.

Mengontrol kolesterol

Daun insulin juga berkhasiat untuk mengontrol kolestrol dalam tubuh. Kolestrol dalam darah diikat oleh zat lipoprotein. Kondisi di mana kadar lipoprotein tinggi bisa disebut dengan hiperlipidemia, kondisi ini cukup berbahaya dan bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Khasiat daun insulin adalah untuk mengatasi kondisi hiperlipidemia dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), serum kolesterol, dan juga trigliserida. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan arteri koroner juga akan menurun.

Baik untuk pencernaan

Daun insulin juga berkhasiat untuk membantu merawat sistem pencernaan. Daun insulin mengandung probiotik yang baik untuk menjaga pencernaan dan memaksimalkan proses penyerapan vitamin dan mineral dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Daun insulin juga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya seperti sembelit, perut kembung, tukak lambung, dan masalah pencernaan serius lainnya.

Menurunkan tekanan darah

Selain diakibatkan oleh kadar kolesterol yang tinggi, penyakit seperti serangan jantung dan stroke juga bisa dipicu oleh tekanan darah tinggi. Daun insulin bisa membantu menjaga tekanan darah agar terhindar dari resiko terkena penyakit seperti tersebut di atas. Daun ini diklaim mampu untuk menurunkan tekanan darah sebanyak 5 hingga 10%.

Sebagai obat diuretik

Manfaat daun insulin selanjutnya adalah sebagai obat diuretik yang berfungsi untuk membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urin. Daun insulin bekerja dengan cara meningkatkan kadar natrium dan kalium untuk menghasilkan efek diuresis. Obat diuretik umumnya dibutuhkan untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyebabkan edema atau penumpukan cairan dalam tubuh dan juga mengatasi hipertensi.

Sebagai analgesik

Khasiat daun insulin selanjutnya adalah mampu berperan sebagai analgesik yakni untuk meredakan berbagai macam nyeri atau rasa sakit yang dirasakan oleh tubuh. Analgesik umumnya akan digabungkan dengan jenis obat-obatan lain karena hanya dapat mengobati gejala saja, bukan menyembuhkan penyakit secara keseluruhan.

Menjaga kesehatan tubuh secara umum

Manfaat daun insulin selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh dan melindunginya dari berbagai penyakit. Daun insulin bisa bertindak sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur yang mampu untuk melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri, virus, maupun jamur.

Menurunkan berat badan

Manfaat yang terakhir ini bukan merupakan manfaat daun insulin, melainkan manfaat dari buah atau umbi dari tanaman insulin. Akar yakon memiliki bentuk yang mirip dengan ubi dan juga memiliki rasa yang manis. Yakon mengandung kalori yang sangat rendah dan juga serat yang tinggi sehingga membuat umbi yang satu ini sangat cocok untuk menjadi salah satu menu untuk Anda yang sedang berdiet.

Selain berbagai khasiat daun insulin yang disebutkan di atas, kemungkinan masih banyak lagi manfaat daun insulin yang belum diketahui hingga saat ini. Tapi penggunaan daun insulin sebagai tanaman herbal sebaiknya dilakukan dengan hati-hati.

Pada prinsipnya, masih diperlukan berbagai penelitian lebih lanjut untuk mengetahui manfaat maupun efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan daun insulin sebagai obat herbal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa terdapat penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan daun insulin untuk jangka panjang tidak disarankan karena diduga memberikan efek kurang baik pada ginjal.

Ada baiknya Anda juga berkonsultasi ke dokter terlebih dulu mengenai keluhan atau kondisi yang Anda alami, agar dapat mengetahui apakah pengobatan dengan daun insulin diperlukan atau tidak.

 

 


SEO Powered By SEOPressor